Resep Oatmeal Yang Enak Dan Cocok Untuk Sahur Kamu

Oatmeal bisa menjadi salah satu pilihan sehat untuk menu sahur. Kaya akan gizi, oatmeal mengandung vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan yang membantu tubuh tetap berenergi hingga jelang berbuka puasa.

Oatmeal juga menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks yang baik. Oatmeal dapat memberikan rasa kenyang tanpa membuat tubuh terasa lemas.

Akan tetapi, di balik kandungannya yang kaya nutrisi, oatmeal umumnya hadir dengan rasa yang hambar bagi sebagian orang.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar oatmeal terasa lebih nikmat.

1. Sedikit garam
Sedikit garam tak akan jadi soal untuk menambah rasa pada oatmeal. Melansir Mashed, garam akan memberikan rasa alami mirip kacang pada oatmeal.

Untuk memberikan rasa, tambahkan garam pada awal proses memasak oat.

2. Teh hijau atau kaldu
Rasa pada oat jelas akan hambar jika Anda memasaknya dengan air putih biasa. Coba sesekali gunakan matcha green tea dan tambahkan potongan pisang di atasnya. Menambahkan susu dan sedikit madu pada sentuhan akhir membuat santapan sahur oat Anda lebih nikmat.

Jika Anda mencari rasa asin, tambahkan air kaldu saat memasak oat. Sebagai pelengkap, nikmati oat dengan telur dan sayuran rebus.

3. Overnight oat
Anda bisa membuat oat jadi selembut bubur ayam langganan dengan merendamnya semalam suntuk (overnight oat). Anda bisa merendam oat pada toples tertutup dengan rumus tiga banding satu untuk air dan oat yang digunakan.

Saat sahur, nikmati oat dingin dengan potongan buah segar. Atau, jika Anda ingin menikmati rasa asin, tambahkan sedikit garam, potongan daging ayam, dan seledri layaknya bubur.

4. Kreasi dengan rempah
Demi menghadirkan rasa cinnamon roll favorit, tak ada salahnya menambahkan serbuk kayu manis pada oat. Ini bakal lebih enak dengan sedikit gula aren, kismis, dan potongan kurma.

5. Selai kacang
Selai kacang mengandung lemak sehat yang bisa membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Ambil sedikit selai kacang untuk dicampurkan bersama oat. Sajikan dengan potongan pisang agar lebih nikmat.

Jika selai kacang bukan pilihan, Anda bisa menjajal selai almond, hazelnut, atau walnut. Rasa yang berbeda bakal menambah semangat Anda untuk mencoba.

6. Telur
Meski sedikit aneh, tapi telur dan oat bisa menjadi 'duet' penuh nutrisi dan energi sebagai menu sahur. Nikmati telur orak-arik dengan seporsi oat.

Cara membuatnya mudah. Panaskan air untuk memasak oat. Sementara itu, kocok satu butir telur di mangkuk. Saat oat cukup lunak, masukkan kocokan telur dan aduk. Tekstur oat pun tak akan membosankan berkat telur.

7. Cokelat
Cokelat memang tak pernah salah untuk berbagai macam makanan, termasuk oat. Jika Anda menyukai biskuit cokelat, oat dengan cokelat bisa jadi pelepas rasa rindu Anda.

Larutkan bubuk cokelat dan air bersama dengan oat yang sedang dimasak. Cokelat membuat seporsi oatmeal untuk menu sahur Anda menjadi lebih nikmat.

Komentar