Makanan Yang Tidak Seharusnya Masuk Kulkas

Masa karantina demi menekan penyebaran virus corona membuat mobilitas banyak berkurang. Mau tak mau, stok makanan harus tersedia demi meminimalisasi keluar rumah atau pergi berbelanja.

Untuk mengatasinya, beberapa orang membeli berbagai stok makanan dan menyimpannya di dalam laci freezer kulkas. Penyimpanan di dalam freezer bertujuan untuk membuat makanan lebih tahan lama.

Tapi, tunggu dulu. Tak semua makanan menghasilkan kualitas yang sama setelah dimasukkan ke dalam freezer. Alih-alih tetap nikmat, freezer justru membuat tekstur dan rasa makanan berubah.

Mengutip The Daily Meal, berikut daftar makanan yang tidak bisa diawetkan dalam freezer.

1. Susu
Meski aman, tapi sebisa mungkin jangan memasukkan susu ke dalam freezer.

Susu memang aman untuk dibekukan hingga tiga bulan. Namun, proses pembekuan akan membuat susu terasa lebih kental dari sebelumnya setelah dicairkan.

2. Produk berbasis krim
Produk makanan atau minuman berbasis krim aman jika disimpan di dalam kulkas selama 1-3 pekan. Namun, makanan dan minuman jenis ini tak akan membeku dengan baik.

Makanan atau minuman berbasis susu seperti krim keju dan yogurt bahkan akan kehilangan tekstur kental saat dibekukan. Sebagai gantinya, tekstur kental akan berubah menjadi seperti benjolan yang berisi air.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung banyak air. Saat dibekukan di dalam freezer, sayuran hijau akan menjadi layu.

4. Semangka
Buah semangka dapat sangat menyegarkan dahaga. Namun, alih-alih membeku, tekstur semangka yang ditaruh dalam freezer akan menjadi lembek.

5. Kentang
Jangankan dimasukkan ke dalam freezer, kentang juga bahkan tak disarankan ditaruh di dalam kulkas. Kentang mengandung jumlah air yang banyak. Saat dibekukan, kentang akan hadir dengan tekstur yang lembek dan berlendir.

6. Keju
Tak ada salahnya dengan membekukan keju di dalam freezer. Namun, Anda harus siap dengan kualitasnya yang berubah. Proses pembekuan dapat mengubah rasa dan tekstur keju.

Keju keras seperti cheddar, Swiss, dan parmesan dapat dibekukan hingga enam bulan.

7. Tomat
Tomat segar tak akan bertahan dalam freezer. Setelah dicairkan, tomat akan berubah layu dan lengket.

Namun, tomat bisa dibekukan jika Anda ingin menggunakannya sebagai bahan saus. Cita rasa tomat akan bertahan hingga delapan bulan.

8. Pasta
Tak ada salahnya dengan membekukan sisa pasta. Namun, cara itu akan membuat pasta terasa berbeda. Pasta akan sangat lembek jika dimasukkan ke dalam freezer.

9. Daging
Banyak orang menaruh daging dalam freezer. Namun, cara itu akan membuat tekstur daging menjadi kering.

Komentar