Daftar Makanan Favorit Kim Jong Un Yang Mewah Dan Mahal

Baru-baru ini, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dikabarkan jatuh sakit. Pada 12 April lalu, Kim dilaporkan menjalani operasi jantung karena obesitas, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak beraktivitas fisik.

"Kim telah mengalami peradangan pembuluh darah yang berimbas pada jantungnya sejak Agustus lalu. Kondisinya memburuk setelah ia kerap melakukan perjalanan naik dan turun Gunung Paektu baru-baru ini," ujar seorang sumber pada Daily NK.

Kim Jong-un dikenal dengan berbagai kuliner favoritnya. Kegemarannya akan kuliner membuatnya tak bisa melewatkan daftar sajian mewah berikut, melansir Mashed.

1. Keju emmental
Kim menyukai keju emmental, keju khas Swiss. Keju ini cukup unik karena memiliki lubang-lubang persis seperti keju di serial Tom and Jerry. Rasanya pun unik dengan aroma manis dan rasa buah yang hadir.

Obsesinya akan keju sempat membuatnya sakit. Pada 2014, dia dikabarkan sakit asam urat yang diduga disebabkan oleh diet tinggi kalori, kurang olahraga, dan kesukaannya pada keju.

2. Sushi
Sushi tampaknya tak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga besar Kim. Kim Jong-il, mendiang ayah Kim Jong-un, memiliki koki sushi pribadi yakni Kenji Fujimoto.

Fujimoto mengaku berkawan dengan Kim sejak kecil hingga remaja. Menurutnya, Kim menyukai sushi yang dibuat dengan torro atau lemak tuna.

"Saya dulu membuat sushi untuk jenderal (Jong-il) setidaknya sekali seminggu dan Jong-un selalu bergabung saat makan malam. Jadi saya bisa bilang Jong-un suka sushi," ungkapnya pada Mail Online.

3. Sup sirip hiu dan steak Kobe
Tak hanya sushi, Fujimoto mengungkapkan Kim menyukai sup sirip hiu. Hidangan ini memang begitu mewah dan memicu kontroversi karena mendorong kepunahan hiu.

Tak hanya sup sirip hiu, Kim juga gemar memakan steak Kobe dalam setiap jamuan. Kobe merupakan salah satu jenis daging sapi termahal di dunia.

4. Kopi Brasil
Rilis data impor menyebut pada 2016 Korea Utara mendatangkan kopi Brazil senilai lebih dari US$900ribu atau sekitar Rp14 miliar lebih. Angka ini jauh lebih besar daripada yang dilaporkan pada 2015.

Tak diketahui secara pasti label kopi yang dibeli Kim. Ada label kopi Fazenda Santa yang harganya mencapai USD$50 (hampir Rp800 ribu) per pon (1 pon = 453,6 gram).

5. Vodka Rusia
Kim cukup akrab dengan minuman beralkohol. Pada 2019, pelabuhan Belanda di Rotterdam menyita 90ribu botol vodka Rusia yang diyakini sedang dalam perjalanan menuju Pyongyang.

6. Sampanye Cristal
Fujimoto mengatakan bahwa Kim Jong-un juga gemar akan minuman sampanye. "Favoritnya adalah Cristal. Biasanya sekitar dua botol," kata dia.

Fujimoto menduga, kecintaan Kim Jong-un pada minuman keras lah yang membuat lingkar pinggangnya semakin membesar.

Cristal dikenal sebagai label sampanye yang lekat dengan gaya hidup glamor. Sampanye ini diproduksi sejak 1879 atas perintah Tsar Alexander II dari Rusia.

Tekstur minuman yang halus dan aroma buah dari sampanye harus dibayar mahal. Sebotol bisa bernilai lebih dari US$100 (sekitar Rp1,5 juta).

7. Hennessy
Kim diduga menghabiskan US$1 juta (sekitar Rp15,6 miliar) untuk label cognac Hennessy. Dalam tiap pertemuan, minuman ini kerap menemani Kim Jong-il, yang menurun pada kebiasaan sang anak.

Tak diketahui pasti berapa botol yang dikonsumsi Kim Jong-un. Namun, dilihat dari jumlah dana yang dikeluarkan negara untuk mendatangkannya, jumlahnya mencapai ribuan botol.

8. Anggur Bordeaux
Selain sampanye dan cognac, Fujimoto menyebut Kim Jong-un gemar meminum anggur (wine) Prancis. Menurutnya, Kim bisa menghabiskan 10 botol anggur Bordeaux dalam semalam.

9. Anggur ular
Mengutip Metro, Kim Jong-un ternyata punya koleksi anggur ular. Minuman ini cukup mengerikan, karena di dalam botolnya tersimpan tubuh ular kobra.

Sebagian orang meyakini anggur ular bisa meningkatkan kejantanan laki-laki. Kim disebut bergantung pada anggur ular demi bisa memiliki anak kedua.

Minuman ini populer di seluruh Cina Selatan dan Asia Tenggara. Satu ular besar dimasukkan ke dalam botol bersama dengan campuran akar, buah, dan rempah.

10. Kaviar dan lobster
Dua menu mewah yang tak akan dilewatkan Kim Jong-un adalah kaviar dan lobster. Keduanya termasuk ke dalam daftar barang impor yang dilarang oleh PBB.

Komentar