Pahami Kenapa Mesin Mobil Bisa Mati Mendadak

Untuk mesin bensin ada dua unsur yang harus dipenuhi yaitu pasokan bensin dan api di busi. Ini di luar faktor lain seperti kompresi yang juga masih harus di dalam batas limit.

Jadi bila mesin tidak bisa menyala perlu dicek apakah busi memercikkan api atau tidak, dan apakah pasokan bahan bakar juga ada atau tersedia.

Apabila terjadi mesin tidak bisa menyala, coba dicek terlebih dahulu pasokan bensinnya. Kondisi mesin mati mendadak ini bisa terjadi karena pompa bensin yang sudah mulai lemah atau kadang juga karena relay pompa bensin.

Untuk mobil-mobil tertentu, apabila ternyata pompa bensin yang sudah lemah, untuk tindakan darurat bisa dilakukan yaitu dengan cara mengetok pompa bensin di bagian motor pompanya dengan cukup keras.

Sering kali pompa bensin bisa berfungsi kembali untuk sementara, tapi begitu mesin dimatikan tidak bisa dinyalakan lagi, jadi segera dikendarai menuju bengkel untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Untuk mobil Eropa contohnya Mercedes-Benz lawas, letak pompa bensin ini ada di bawah jadi bisa dicoba 'ngolong' dan diketok pompa bensinnya.

Apabila terjadi mesin mati mendadak saat dikendarai, lalu setelah itu mudah lagi untuk dinyalakan, coba buka pompa bensin yang ada di dalam tangki, dibersihkan atau diganti apabila sudah terlalu kotor.

Kemudian selang bensin agar disemprot balik dari arah mesin ke tangki menggunakan angin kompresor untuk menghilangkan sumbatan yang bisa terjadi di dalam selang.

Komentar