Liverpool Menang Atas Brighton, Alisson Kartu Merah


Liverpool berhasil mengalahkan Brighton&Hove Albion dengan skor 2-1 dalam laga Liga Inggris di Anfield, Sabtu (30/11). Laga ini diwarnai dua gol Virgil van Dijk dan kartu merah Alisson.

Liverpool sudah berhasil mencatat keunggulan 2-0 di babak pertama. Dua gol awal Liverpool itu bukan dipersembahkan oleh lini depan mereka, melainkan oleh kombinasi dua bek, Trent Alexander-Arnold dan Virgil van Dijk.

Van Dijk mencetak gol pertama setelah menerima umpan tendangan bebas Alexander-Arnold di menit ke-18. Bola yang mengarah ke tiang jauh sukses disundul oleh Van Dijk.

Enam menit berselang, Van Dijk kembali menyundul bola umpan Alexander-Arnold, kali ini dari sepak pojok. Sundulan Van Dijk yang berdiri di tiang dekat kembali tidak bisa dihalau oleh kiper Brighton, Mathew Ryan.

Virgil van Dijk mencetak dua gol di babak pertama memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold.Virgil van Dijk mencetak dua gol di babak pertama memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold.

Dominan di babak pertama, Liverpool mendapat perlawanan sengit dari Brighton di babak kedua. Permainan berjalan lebih berimbang dengan Brighton punya sejumlah peluang bagus.

Di menit ke-62, Aaron Connolly melepaskan tembakan keras tetapi masih bisa dibendung oleh Alisson. Liverpool juga beberapa kali memberikan ancaman namun tidak bisa berujung gol ketiga.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp memutuskan melakukan pergantian di lini depan dengan menarik Mohamed Salah dan Roberto Firmino serta memainkan Adam Lallana dan Divock Origi di 15 menit akhir pertandingan.

Situasi aman Liverpool kemudian berubah jadi bahaya di menit ke-76. Alisson dengan sengaja menyentuh bola di luar kotak penalti untuk menghalau serangan Brighton. Hal itu langsung berbuah kartu merah dari Martin Atkinson.

Pergantian terakhir lalu digunakan untuk menarik keluar Alex Oxlade-Chamberlain dan memasukkan Adrian untuk berdiri sebagai penjaga gawang.

Situasi makin pelik karena Lewis Dunk langsung berhasil membobol gawang Adrian lewat tendangan bebas yang didapat karena handball Alisson tersebut.

Dunk dengan jeli mengincar tiang jauh saat Adrian tengah mengatur pagar hidup pemain Liverpool. Protes sempat dilakukan oleh beberapa pemain Liverpool tetapi Atkinson tetap mengesahkan gol tersebut.

Sisa waktu pertandingan menyajikan situasi sulit untuk Liverpool. Brighton berusaha keras memanfaatkan keunggulan pemain yang mereka miliki.

Di menit ke-88, sundulan Pascal Gross yang ditangkap oleh Adrian sempat terlepas. Situasi itu nyaris berujung gol sebelum akhirnya Adrian kembali menguasai keadaan dengan menangkap bola.

Meski kesulitan, Liverpool berhasil mempertahankan skor 2-1 hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain


  • Liverpool (4-3-3)


Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Alex Oxlade-Chamberlain (Adrian 78); Mohamed Salah (Adam Lallana 69), Roberto Firmino (Divock Origi 76), Sadio Mane


  • Brighton&Hove Albion (4-3-3)


Mathew Ryan, Martin Montoya (Steven Alzate 69), Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Yves Bissouma (Leandro Trossard 69), Dale Stephens, Davy Propper; Pascal Gross, Aaron Connolly (Neal Maupay 76), Aaron Mooy

Komentar