Cara Menguatkan Sinyal HP Ketika Koneksi Buruk


Pemakaian ponsel sangat tergantung dengan sinyal seluler yang dapat ditangkap. Namun terkadang handphone (hp) melemah pada kondisi tertentu. Sejumlah cara tips penguat sinyal berikut bisa dipraktikan untuk memperkuat sinyal lagi.

Sinyal akan terasa melemah jika sedang berada di tempat-tempat yang tidak strategis sehingga mengakibatkan ponsel kehilangan jaringan.

Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan mencoba beberapa cara di bawah ini.

Pindah lokasi

Sinyal merupakan gelombang elektrnomagnetik yang sangat mudah terhalang oleh material konstruksi seperti logam, aluminium, dan juga beton, menurut TechWella. Itu juga menjadi penyebab mengapa sinyal ponsel sangat lemah ketika berada di basement ataupun gedung tinggi.

Selain itu, berada di lokasi yang ramai juga bisa menjadi alasan misalnya di dalam sebuah pertandingan olahraga atau sebuah konser. Menurut Business Insider, hal ini terjadi karena ada banyak perangkat seluler yang bersaing untuk mendapatkan jaringan.

Apalagi kebanyakan orang pada momen tersebut memanfaatkannya untuk mengunggah foto dan video yang cukup berat. Sementara jaringan yang tersedia di lokasi tersebut kapasitasnya sangatlah terbatas.

Carilah lokasi yang terbebas dari halangan logam maupun beton dan hindari keramaian untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Lepas casing

Menggunakan sampul atau (casing) tambahan pada ponsel bisa menjadi alasan melemahnya sinyal. Apalagi jika sampul tersebut terbuat dari logam. Jika ini terjadi, coba lepas sampul itu untuk meningkatkan penerimaan sinyal.

Aktifkan airplane mode

Cara yang cukup mudah ini sering dilakukan untuk memperbaiki koneksi sinyal dengan cepat. Untuk ponsel Android, Anda hanya perlu menarik ke bawah tampilan layar ponsel dan pilih ikon bergambar pesawat.

Jika telah diaktifkan, mode tersebut secara otomatis akan mematikan seluruh jaringan baik itu seluler, wifi, maupun bluetooth. Dilansir dari CNET, nonaktifkan mode setelah menunggu sekitar 30 detik dengan cara mengetuk kembali ikon tersebut.

Serupa dengan Android, ponsel iOS juga bisa melakukan hal yang serupa. Caranya dengan menarik tampilan layar ke atas untuk membuka panel bawah. Kemudian pilih ikon pesawat dan tunggu beberapa saat sebelum menonaktifkannya.

Nyalakan ulang ponsel

Jika dengan menggunakan mode pesawat masih belum memperbaiki kondisi sinyal, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menyalakan ulang ponsel.

Tekan tombol power pada bagian samping ponsel hingga muncul pilihan untuk restart pada ponsel Android. Sementara lakukan hal serupa pada iPhone.

Lepas kartu SIM

Jika seluruh cara di atas telah dilakukan, selanjutnya coba dengan melepas kartu SIM yang terpasang pada ponsel. Untuk melakukan ini Anda membutuhkan alat khusus yang biasanya ada dalam satu paket ketika membeli ponsel.

Jika terdesak, coba gunakakan paperclip yang terlah dibuka untuk mengeluarkan wadah kartu SIM. Kemudian masukkan kembali kartu setelah menunggu beberapa saat.

Gunakan Wifi

Jika memungkinkan, Anda dapat mencari Wifi terdekat dan menyambungkannya untuk mengakses internet. Sayangnya Wifi tak dapat membantu apabila ingin melakukan panggilan seluler maupun mengirim SMS.

Pasang penguat sinyal

Menggunakan alat ini bisa jadi bisa mengatasi permasalahan sinyal di tempat Anda yang mungkin terhalang sinyal atau jauh dari jangkauan tower BTS.

Dilansir dari Gizmodo, alat penguat sinyal ini bekerja dengan cara mengambil sinyal dari suatu tempat yang masih menerima sinyal lalu menguatkannya ke seluruh area yang terpasang alat tersebut. Biasanya penguat sinyal menggunakan antena yang terpasan di atap dan menyambungkannya ke antena internal untuk menyalurkannya ke perangkat-perangkat yang membutuhkan.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya melalui online dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Komentar