14 Tim Peserta Piala Asia 2020 yang Dipastikan Lolos ke Babak Selanjutnya



Sebanyak empat belas tim sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Salah satu tim yang lolos ke putaran final di Uzbekistan adalah Timnas Indonesia U-19.

Skuat asuhan Fakhri Husaini lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah jadi juara Grup K. Tim Garuda Nusantara memuncaki Grup K dengan mengoleksi tujuh poin.

Timnas Indonesia U-19 memastikan langkah ke putaran final usai bermain imbang 1-1 melawan Korea Utara pada partai terakhir fase grup di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11). Sempat tertinggal gara-gara gol Kim Kwang-chong, Timnas Indonesia U-19 meraih hasil imbang lewat eksekusi penalti Amiruddin Bagus Kahfi.

Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-19 2020 sebagai juara Grup K. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Sukses Timnas Indonesia U-19 melangkah ke Piala Asia U-19 2020 diikuti tiga wakil Asia Tenggara yaitu Malaysia, Laos, dan Vietnam. Kamboja juga punya kesempatan lolos tetapi masih menunggu hasil pertandingan di Grup A yang baru akan berlangsung pada 22 November.

Nasib nahas justru dialami Thailand yang hanya menempati posisi ketiga di Grup G. Tim Gajah Perang kalah bersaing dengan Malaysia yang finis sebagai juara grup dan Kamboja yang menempati posisi runner-up.

Finalis Piala Asia U-19 2018, Arab Saudi dan Korea Selatan juga masuk dalam daftar 14 tim yang telah lolos ke putaran final. Korsel jadi juara Grup I sedangkan Arab Saudi berstatus pemuncak klasemen Grup F.

Sukses Korsel dan Arab Saudi diikuti Jepang, Iran, Australia, Qatar, Tajikistan, Bahrain, Yaman, dan Uzbekistan. Dua slot tersisa akan ditentukan dari hasil Grup A yang dihuni Irak, Oman, Palestina, Kuwait, dan Pakistan.

Putaran final Piala Asia U-19 2020 sendiri akan berlangsung di Uzbekistan, 14-31 Oktober 2020.

Daftar 14 Tim Lolos Piala Asia U-19 2020

Uzbekistan (Tuan rumah)
Qatar (Juara grup B)
Tajikistan (Juara grup C)
Iran (Juara grup D)
Bahrain (Juara grup E)
Arab Saudi (Juara grup F)
Malaysia (Juara grup G)
Australia (Juara grup H)
Korea Selatan (Juara grup I)
Jepang (Juara grup J)
Indonesia (Juara grup K)
Laos (Runner up terbaik)
Vietnam (Runner up terbaik)
Yaman (Runner up terbaik)

Komentar